"Nephotic Sindrom"


Semalam terima panggilan handphone daripada Yusni iaitu adik ipaq, Hazemi admitted. Sebelum tu Mat dah bagi tau yang badan Hazemu bengkak-bengkak. Semalam bengkak di badan makin teruk dan hari ini doktor di Hospital Sg Petani mengesahkan Hazemi mengidap "Nephotic Sindrom"....terdiam aku seketika. Honestly...hari ini aku asyik memikirkan hal ini. Baru saja bulan lepas kami dikejutkan dengan berita teman dan juga jiran Zai yang secara tiba-tiba sakit. Dan sebelum itu teman di opis.

"Nephotic Sindrom"...merupakan suatu kelainan pada ginjal (bukan suatu penyakit). Peratus "Nephotic Sindrom" berkisar antara 2-7 per 100.000 anak di bawah usia 18 tahun. Biasanya terjadi pada anak usia 2 sampai 3 tahun.

"Nephotic Sindrom" merupakan salah satu kelainan yang menyebabkan anak dirujuk kepada pediatric ginjal. Ada berbagai jenis "Nephotic Sindrom", tetapi secara umum terjadi kerosakan sel glomerulus pada ginjal yang disertai peningkatan permeabilitas dari saringan ginjal.

Seperti diketahui, ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang lewat dan akan menyerap zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh serta membuang zat-zat yang tidak diperlukan dalam tubuh bersama urin. Pada anak dengan "Nephotic Sindrom", fungsi penapis ginjal ini rusak.

Apa penyebab sindrom nefrotik?

Penyebab sindrom nefrotik sangat beragam, mulai dari infeksi sampai keganasan. Beberapa keadaan yang diketahui dapat menyebabkan sindrom nefrotik adalah:
Setelah terinfeksi bakteri atau virus tertentu (seperti bakteri Streptokokus, Varisela, Tuberkulosis, Hepatitis B; dll)
Penyakit Henoch-Schonlein Purpura
Diabetes Mellitus
Keganasan (seperti leukemia, limfoma)
Terkena racun (seperti tergigit ular)
Akibat obat-obatan tertentu
Kelainan darah
Apa tanda dan gejala dari sindrom nefrotik?

Ada 4 tanda dan gejala yang khas dari sindrom nefrotik, yaitu:

Edema menyeluruh (bengkak di seluruh tubuh).

Proteinuria (terdapat protein yang keluar bersamaan dengan urin); kadar protein yang keluar bersama urin lebih dari 50 mg/kgBB per 24 jam.Hipoalbuminemia (kadar albumin dalam darah yang rendah); kadar albumin dalam serum lebih rendah dari 3 g/dL
Hiperlipidemia (kadar lemak dalam darah yang tinggi); kadar kolesterol total lebih dari 200 mg/dL; dan sering mencapai 500 mg/dL. Selain tanda dan gejala spesifik di atas, ada beberapa tanda dan gejala lainnya yang kadang menyertai seperti: sakit kepala, anak rewel, kelelahan, sakit perut, dan tanda-tanda infeksi saluran pernapasan.

Bagaimana menegakkan diagnosis sindrom nefrotik?


Diagnosis sindrom nefrotik ditegakkan berdasarkan gejala klinis dan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan urinalisis, pengukuran serum protein, dan laju filtrasi ginjal akan dilakukan.

Kadang diperlukan biopsi dari ginjal. Biopsi ginjal adalah tindakan invasif dengan cara mengambil sebagian kecil organ ginjal untuk diteliti di bawah mikroskop di laboratorium.

Apa terapi terbaik untuk menangani sindrom nefrotik?

Terapi sindrom nefrotik biasanya simtomatik dan suportif saja. Pengurangan cairan menjadi prinsip utama terapi. Kadang diperlukan tambahan albumin yang dimasukkan melalui infus, sayangnya harganya sangat mahal. Pemberian obat-obatan seperti steroid, diuretik, siklofosfamid, klorambusil diberikan atas dasar pertimbangan tertentu dari dokter anak Anda.

Apakah sindrom nefrotik dapat sembuh?

Pada umumnya sindrom nefrotik dapat mengalami remisi setelah pengobatan selama 3 minggu. Istilah remisi menunjukkan "sembuh" dengan kemungkinan kambuh. Tetapi kadang dan dalam persentase yang relatif kecil dapat terjadi sindrom nefrotik kronis. Secara umum apabila anak sudah bebas dari gejala dan obat-obatan selama lebih dari 2 tahun, maka dikatakan anak tersebut mengalami remisi sempurna.

Kesimpulan
Sindrom nefrotik merupakan suatu kelainan pada ginjal yang menyebabkan fungsi ginjal terganggu.

Sindrom nefrotik terjadi akibat suatu sebab/penyakit yang mendasarinya.
Tanda sindrom nefrotik sangat khas yaitu adanya: edema tubuh, proteinuria, hipoalbuminemia, dan hiperlipidemia.

Sumber : http://gangguankesehatananak.blogspot.com/2010/04/sindrom-nefrotik.html

Comments

Popular Posts