Kun Fa Ya Kun dan Syukur

Teman itu seorang yang agak rapat denganku. Banyak tahu perkara yang tersembunyi disebalik senyum dan tawaku. "Mengapa dia...", tanyanya. Aku tersenyum. "Kun fa ya kun...milikNya, hanya Dia yang mengetahui apa yang terbaik untuk hambaNya", terangku pada teman. Dia menarik nafas panjang.



Terlalu banyak nikmat Allah SWT berikan kepada kita samada kita sedar atau tidak. Kadangkala dalam kita kedinginan Allah SWT datangkan kepanasan. Dan kadangkala dalam kita kebasahan Allah SWT datangkan angin mengeringkan badan yang basah. Kadangkala dalam kita kesedihan didatangkan dia dengan cahaya keceriaan. Kadangkala dalam kita kelaparan didatangiNya dengan kelazatan makanan. Mensyukuri atas nikmat pemberianNya adalah wajib.

Nikmat adalah salah satu bentuk ujian yang akan membawa manusia memperoleh derajat yang lebih tinggi, di dunia dan di akhirat. Namun sangat disayangkan, ternyata nikmat juga merupakan salah satu bentuk ujian Allah swt bagi hamba-Nya yang justru banyak melalaikan mereka dari mengingat dan taat kepada Allah swt. Nikmat yang telah Allah swt tebarkan di muka bumi, justru telah membuat banyak manusia semakin menjauh dan kufur kepada Allah swt. Mereka lupa bahwa sesungguhnya segala bentuk nikmat yang telah mereka dapatkan adalah berasal dari Allah swt. Mereka menganggap, segala yang telah mereka miliki adalah hasil jerih payah mereka sendiri, semata karena kepandaian mereka sendiri. Dalam hal ini Allah swt telah berfirman di dalam Al Quran, yang artinya:

“Dan jika kami melimpahkan kepadanya sesuatu rahmat dari kami, sesudah dia ditimpa kesusahan, pastilah dia berkata ” ini adalah hakku”. (QS. Fushshilat: 50).

“(Qarun) berkata: sesungguhnya aku diberi harta kekayaan ini, tiada lain kerana ilmu yang ada padaku”. (QS. Al Qashash: 78)

Bersyukur atas Nikmat Allah yang Amat Besar.

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya.Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi MahaPenyayang.”(Al-Quran Al-KarimSurah An-Nahl [16]: ayat 18)

Comments

Popular Posts